GUG7TUY5BSC9GpziTSAiTSA0TA==
Langsung ke konten utama

Tips Menjadi Blogger Profesional

Tips Menjadi Blogger Profesional, Pemula Wajib Baca!


Penaweb.id - Membuat blog dan menjadi seorang blogger profesional merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan secara online. Berikut ini adalah beberapa tips blogger yang dapat membantu Anda dalam memulai dan mengembangkan blog Anda serta menjadi seorang blogger profesional yang sukses:

1. Tentukan niche blog

Sebelum memulai membuat blog, pertama-tama tentukan niche atau tema yang akan Anda bahas di blog Anda. Pastikan niche yang Anda pilih merupakan niche yang Anda sukai dan pahami dengan baik, agar Anda dapat menulis dengan mudah dan menyenangkan.

2. Pilih platform blogging yang tepat

Ada banyak platform blogging yang dapat Anda pilih, seperti WordPress, Blogger, atau Tumblr. Pilihlah platform yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda belum terlalu familiar dengan pemrograman, maka platform seperti Blogger atau Tumblr bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Buat konten yang berkualitas

Konten adalah hal utama yang menentukan keberhasilan sebuah blog. Buatlah konten yang berkualitas, yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa untuk menggunakan gambar atau video yang mendukung konten Anda agar lebih menarik.

4. Promosikan blog Anda

Setelah membuat blog, promosikan blog Anda kepada teman-teman, keluarga, dan orang-orang yang Anda kenal. Anda juga dapat mempromosikan blog Anda melalui media sosial atau dengan bergabung dalam komunitas blogger.

5. Cari sumber penghasilan dari blog

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog, seperti dengan menampilkan iklan, menjadi affiliator, atau menjual produk atau jasa sendiri. Carilah cara yang paling sesuai dengan niche dan konten blog Anda, dan mulailah menghasilkan uang dari blog Anda.

6. Menggunakan Domain TLD (Custom Domain)

Custom domain adalah sebuah alamat domain yang dipilih sendiri oleh pengguna dan digunakan sebagai alamat website atau blog. Menggunakan custom domain di blogspot memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Profesionalitas: Menggunakan custom domain memberikan kesan professional pada blog Anda dan membuatnya terlihat lebih serius di mata pengunjung.
  • Branding: Dengan menggunakan custom domain, Anda dapat memilih nama domain yang sesuai dengan nama brand atau bisnis Anda sehingga membantu dalam branding.
  • Mudah diingat: Nama domain yang mudah diingat akan membantu pengunjung untuk mengingat alamat website atau blog Anda dan mudah untuk dijelaskan ke orang lain.
  • Fleksibilitas: Menggunakan custom domain memberikan fleksibilitas kepada Anda untuk mengarahkan domain ke website atau blog yang Anda kehendaki.
Anda bisa menggunakan custom domain TLD untuk WordPress ataupun Blogspot. Namun, sebelum menggunakannya kamu juga perlu mengetahui terkait beberapa elemennya, salah satunya adalah CNAME.

CNAME DNS Blogger adalah sebuah record DNS (Domain Name System) yang digunakan untuk mengarahkan alamat domain ke blogspot. CNAME merupakan singkatan dari Canonical Name Record yang berfungsi sebagai penghubung antara alamat domain dengan alamat blogspot.

Cara kerja CNAME DNS Blogger adalah sebagai berikut:

  1. Anda membeli nama domain dari penyedia layanan domain seperti Niagahoster atau Idwebhost.
  2. Setelah itu, Anda harus mengarahkan alamat domain ke alamat blogspot menggunakan CNAME DNS.
  3. Anda bisa menambahkan record CNAME dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh penyedia layanan domain.
  4. Setelah record CNAME ditambahkan, alamat domain akan terhubung dengan blogspot dan bisa digunakan sebagai alamat website atau blog Anda.
Menggunakan custom domain di blogspot memiliki beberapa keunggulan lainnya, diantaranya dapat membantu dalam SEO (Search Engine Optimization) karena nama domain yang sesuai dengan konten blog akan lebih mudah diindeks oleh mesin pencari.

Dengan mengetahui keunggulan menggunakan custom domain di blogspot, Anda bisa memutuskan apakah ingin menggunakan custom domain atau tetap menggunakan alamat domain blogspot yang sudah disediakan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan custom domain, pastikan untuk memahami cara kerja CNAME DNS Blogger agar dapat mengarahkan alamat domain ke blogspot dengan benar.

Tips Menjadi Blogger Profesional

Tim Media
Tim Media
0

0 Komentar untuk"Tips Menjadi Blogger Profesional"

Related Post

Lorem ipsum madolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

Silahkan Konsultasi Terlebih Dahulu

img
Support Tim IT
6282277700563
Supported by rahmat.or.id
Assalamu'alaikum...

Need help? Let's chat with us!

Berhasil Ditambahkan